Akhirnya Bolu Kukusku Mekar Sempurna Lagi

Dulu waktu aku masih duduk di bangku SMP, ibuku sering banget membuat bolu kukus dan hasilnya sangat memuaskan, sampai-sampai ada orang mesen minta dibuatkan sama ibuku. Bahkan pesenannya sampai ratusan dan hasilnya bagus semua. Tapi sekarang ibuku gak bisa mendapatkan bolu kukus yang bagus lagi, gak bisa mekar dengan bagus. Semua itu karena ibuku gak tahu ukuran sprite-nya yang pas. Dulu, si ibu sering menggunakan patokan sprite botol beling yang ukuran tanggung, nah karena sekarang gak ada lagi jualannya, jadi gak tahu dia takaran yang pas.

Nah sebagai anak kan aku jadi penasaran kenapa ibu gagal mulu bikinnya, padahal dulu bisa. Jadinya aku mulai browsing sana sini nyari resep bolu kukus yang mudah di praktekkin dan di jamin berhasil. Setelah baca sana sini, aku akhirnya nemu resep bolu kukus di blog dapuralba15 dan ternyata mbak hanni (admin blog dapuralba15) mendapatkan resep itu dari mbak Lisa Basuki. Penasaran, aku pun mulai bowsing lagi dengan kata kunci bolu kukus ala Lisa Basuki, dan ternyata banyak blog yang menulis resep bolu kukus dari mbak Lisa Basuki ini, yang katakanya di jamin berhasil.

Tak mau membuang waktu lagi, aku pun langsung mempraktekkan resepnya dan alhamdulillah berhasil dan mengembang dengan baik. Sehingga aku jadi bisa menunjukkan pada ibuku kalau aku bisa membuat bolu kukus dengan baik. Semenjak bisa, aku jadi sering disuruh ibu untuk membuatnya dan alhamdulillah berhasil.

Selang beberapa bulan kemudian, aku dah lama gak bikin bolu kukus lagi, karena di sibukkan dengan resep-resep lainnya. Eh, setelah bolu kukus selesai di kukus, hasilnya bener-bener gak memuaskan sama sekali. Bolunya memang mekar dengan bagus, tapi rasanya gak enak dan keras banget. Padahal aku menggunakan resep dan cara yang sama.

Setelah ku pelajari dan ku telaah setiap langkah yang aku lakukan, aku pun menarik kesimpulan kalau proses pengocokkan yang aku lakukan kurang lama, selain itu api untuk pengukusan kurang besar.

Gak rela jadi gak bisa buat bolu kukus lagi, jadi aku pun terus mencoba-coba dengan langkah yang benar dan tepat. Berikut bahan-bahan yang ku gunakan berikut langkahnya:

IMG20150527205256 copy

Bahan:

  • 2 butir telur
  • 225 gram gula pasir
  • 1 sendok teh SP
  • 280 gram tepung terigu
  • 200 ml sprite
  • 1/4 sendok teh vanili

Cara pembuatan :

  • langkah pertama yang harus dilakukan adalah kocok telur bersama gula pasir, SP dan juga vanili dengan speed tinggi sampai 10 menit.
  • langkah selanjutnya adalah masukkan sprit sebanyak 3 sendok makan, kemudian kocok sampai 10 menit.
  • ganti speed mixer jadi yang paling rendah, kemudian masukkan 1/3 tepung terigu lalu kocok hingga menyatu.
  • setelah itu masukkan 1/2 bagian sprite, kocok lagi sampai tercampur.
  • langkah berikutnya masukkan 1/2 bagian tepung terigu yang tersisa dan kocok kembali sampai tercampur rata.
  • lalu masukkan sisa sprite dan kocok lagi.
  • langkah terakhir adalah masukkan sisa tepung dan kocok lagi sampai rata.
  • kondisi adonan akhir adalah kental dan berjejak.
  • masukkan adonan ke dalam cetakan dan kukus sekitar 15-20 menit. ingat, api kukusan harus besar agar kondisi kukusan benar2 panas.
  • setelah matang, bolu kukus siap di hidangkan.

Alhamdulillah, setelah percobaan yang kesekian kalinya, bolu kukusku mekar dengan sempurna lagi. Teksturnya pun lembut dan manisnya pas. Senang dah pokoknya…. akhirnya tahu apa kesalahanku dalam proses pembuatannya, jadi bisa diperbaiki.. ^^


Kata kunci mesin pencari:

ukuran botol spriteukuran sprite botol kacaIsi sprite botol kacaukuran botol sprite kacasprite botol kacasprite botol kaca berapa ml1 botol sprite berapa mlbotol spriteukuran sprite botol plastiksprite botol kecilsprite botolukuran spritekemasan sprite botol kacaukuran sprite botolSprite botol belingsprite botol berapa mlukuran sprite botol belingukuran ml botol spritukuran isi spritebotol sprite kaca

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *