Resep Ayam Bakar Sederhana

Udah jam empat sore tapi belum ada lauk buat berbuka. Pas liat kulkas ternyata masih ada daging ayam. Mikir-mikir mau masak apa, akhirnya pilihan jatuh pada menu ayam bakar. Karena ayam di kulkas memang sudah dibersihkan dan bisa langsung dimasak, jadi saya pun hanya mencucinya dan langsung di masukkan ke dalam wajan.

Karena sekarang sudah banyak bumbu instan ayam ungkap, jadi sayapun tak perluĀ bersusah payah menumbuk bumbu untuk mengungkap ayam-ayam itu. Saya ungkap daging ayam tersebut sampai matang dan bumbu ayam ungkap dan sedikit garam.

Setelah ayam dirasa lembut dan tidak ada darahnya lagi, barulah daging ayam bisa di bakar di atas bara api sampai benar-benar matang. Seperti judul artikel saya, pembuatan ayam bakar ini memang benar-benar sederhana. Untuk bahan olesannya saja saya tidak mau ambil pusing dan langsung menggunakan cara instan saja, saya menggunakan campuran kecap manis, saus sambal dan saori saus tiram. Dan rasanya, mantap banget… gak nyesel deh…. buat dipraktekkin.

Untuk lebih lengkapnya tentang bahan dan cara pembuatannya, yuk kita bahas di bawah ini:

11755281_10204644410858900_5920695698541903560_n

Sumber : kreasi sendiri

Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong menjadi 4 bagian
  • 1 bungkus bumbu ungkap instan ( saya menggunakan sajik*)
  • garam secukupnya
  • air secukupnya untuk mengungkep
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 5 sendok makan saus sambal
  • 3 sendok makan sauri saus tiram

Cara membuatnya :

  • bersihkan ayam dan potong menjadi 4 bagian.
  • ungkep ayam dengan bumbu ungkep dan sedikit garam. jangan lupa pakai air yah… hehhehe
  • setelah ayam dirasa matang dan tidak ada darahnya lagi, mati kan kompor.
  • siapkan bara untuk membakar, setelah itu bakar ayam sampai setengah terbakar, beri bumbu olesan yang berupa campuran kecap manis, saos sambal dan saus tiram.
  • Bakar sampai benar-benar matang. Ayam bakarpun siap di sajikan dengan nasi putih hangat.

Sangat mudah dan simple sekali kan resep ayam bakar ini. Hehhehe… cara masak yang gak mau terlalu ribet sih itu tuh sebenernya. Gak pake bawang ataupun bumbu yang lainnya. Oia, saran aja nih, saat membakar daging ayamnya potong lagi menjadi potongan yang lebih kecil lagi saja, agar bumbu olesannya bisa meresap masuk ke dalam.

Inilah resep ayam bakar dadakan yang bisa saya share hari ini. Semoga bermanfaat buat semuanya. happy cooking. (memasak memang menyenangkan)


Kata kunci mesin pencari:

bumbu oles ayam bakar sederhanaresep ayam bakar saoribumbu ayam bakar dadakancara membuat ayam bakar dadakanayam bakar saoriayam bakar dengan bumbu jadicara buat ayam bakar dadakanresep ayam bakar bumbu saoribumbu membakar ayam sederhanaresep saori ayam bakarbakar ayam dadakancara membuat ayam bakar sambal dadaktips bakar ayam dadakanbumbu ungkap bakar ayamresep bumbu ayam bakar sederhana dan mudahayam bakar saori saus tiramayam bakar saori saos tiramayam ungkep saus tirambakar ayam masih ada seperti darahbakar ayam darah

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *