Resep Bolu Gulung Panggang Ekonomis

Sudah lama banget pengen bisa buat bolu yang satu ini, karena pas pertama nyoba makan ne bolu rasanya enak banget. Banyak banget faktor yang buat aku gak merealisasikan resep bolu yang satu ini, salah satunya adalah ketidakadaannya peralatan buat bolu gulung. Aku gak punya loyang khusus bolu gulung, yang lebar dan panjang itu. Hehehhe… semua itu karena aku belum pernah hunting sendiri peralatan buat bolu, kue ataupun roti. Peralatan di rumah hanya punya ibuku. Loyang yang ada hanya loyang ukuran 20 x 20 dan 22 x 22. Loyang yang biasa ibuku pakai untuk membuat brownis dan kue lapisnya.

Sebenarnya aku jadi rajin dan mau belajar bolu baru akhir-akhir ini, karena sebelumnya aku paling males nungguin mikser muter. hehhehe… Tapi setelah diajakin temen bikin bolu panggang dan aku hanya menjadi penurut, karena aku hanya mengikuti instruksi dia, aku jadi mikir… aku nih gak ada kebisaan yah… cewek gak bisa bikin makanan, rasanya ada yang kurang. Semenjak itu aku mulai belajar bikin bolu panggang sendiri dan alhmadulillah rasanya enak. Buat yang mau tau resep bolu panggangku bisa dibaca di artikel dengan judul “Resep Bolu Panggang“. Setelah berhasil membuat bolu panggang, aku mulai tertarik untuk bisa berhasil membuat bolu kukus dan setelah mencoba resep yang kudapat, alhamdulillah bolu kukusku berhasil mekar dengan sempurna, ingin tau resep bolu kukus yang ku pakai, bisa teman-teman baca dalam artikel yang berjudul “Akhirnya Bolu Kukusku Mekar Sempurna Lagi“.  Kenapa judulnya diberi awalan akhirnya, karena sebelumnya aku selalu gagal bikin bolu kukus, bentuk dan teksturnya sangat berbeda dengan bolu kukus yang pertama kali aku buat. Setelah di teliti ternyata api untuk pengukusnya kurang besar, jadi bolu kukusnya gak bisa bagus. hehehhe…

Bolu panggang dan bolu kukus sudah bisa aku taklukkan, sekarang aku lagi penasaran-penasarannya sama bolu gulung. Walau dengan modal peralatan berupa loyang ukuran 22 x 22 dan oven tangkring, aku tak mau berputus asa. Aku mulai browsing kesana kemari untuk mencari resep yang bisa memakai loyang ukuran 22 x 22. Dan alhamdulillah aku dapat dari blognya mbak ITA, namun ada satu yang aku buat beda dari resepnya mbak ITA, aku hanya menggunakan 2,5 telur. Maksudnya adalah aku menggunakan 3 kuning telur dan 2 putih telur. Gak usah basa basi lagi, yuk kita langsung bahas resep dan cara pembuatannya.

resep bolu gulung

resep bolu gulung

 

Bahan:

  • 3 butir kuning telur
  • 2 butir putih telur
  • 50 gr gula pasir
  • 30 gr tepung terigu
  • 5 gr tepung maizena
  • 5 gr susu bubuk
  • 1/2 sdt SP
  • 40 gr margarin cair
  • pasta pandan secukupnya untuk motif dipermukaan bolu gulung
  • butter cream secukupnya
  • keju parut secukupnya

Cara membuat :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masukkan semua bahan ke dalam mangkok besar kecuali margarin cair. Kocok dengan mixer hingga adonan putih kental (soft peak). (Bolu ini menggunakan sistem kocok bersama, agar menghasilkan pori-pori cake yang lebih halus dan lembut meskipun hanya sedikit memakai telur)
  • Setelah adonan berwarna putih dan kental, langkah selanjutnya adalah masukkan margarin cair, aduk adonan perlahan hingga tercampur rata. Pengadukannya bisa menggunakan metode aduk balik/ aduk lipat.
  • Kemudian tuangkan adonan ke dalam loyang kotak ukuran 22×22 yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Jangan lupa kertas rotinya olesi juga dengan margarin.
  • Sisakan sedikit adonan untuk diberi pasta pandan. Gambar permukaan bolu dengan pasta pandan tersebut, sesuai selera. Maaf gak bisa menampilkan gambar batik yang kubuat, karena terlanjur kupotong bolunya, gak sempet moto. heheh
  • Panggang di dalam oven dengan panas 180’C, selama kurang lebih 15 menit.
  • Saat permukaan bolu sudah berwarna kecoklatan, angkat bolu dan letakkan di atas kertas roti yang sudah di sediakan.
  • Karena saya akan menggunakan butter cream maka harus diolekan pada saat bolu sudah tidak terlalu panas, namun kalau menggulungnya  disaat bolu sudah dingin maka bolu akan pecah dan tidak bisa digulung. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah gulung bolu dalam kondisi panas, namun tanpa olesan butter cream. Setelah bolu terasa sudah dingin, lepaskan kembali gulungan baru di olesi butter cream secukupnya dan ditaburi dengan keju parut. Setelah itu gulung lagi bolunya dan diamkan sebentar sebelum dipotong.
  • Beberapa menit kemudian potong bolu gulung dan sajikan.

Ternyata setelah di coba dengan sungguh-sungguh bolu gulung ini tidak terlalu susah, tapi ya itu, aku belum bisa mendapatkan bentuk bolu gulung yang sempurna seperti yang suka di jual dipasaran. Bolu bikinanku terlalu mungil dan bagian kulitnya masih ada yang terkelupas. So pada percobaan berikutnya harus lebih hati-hati lagi pembuatannya. Akan ku coba menggunakan loyang ukuran 20×20 biar bolunya tebal dan jika nanti berhasil dengan baik, akan ku share lagi disini.

Buat temen-temen yang punya saran atau info tentang bolu gulung, silahkan komen di kolom komen yah… biar bolu gulungku bisa menjadi lebih sempurna. ^^


Kata kunci mesin pencari:

resep bolu gulung panggangresep bolu gulung panggang irit telurbolu gulung panggangcara memanggang bolu gulung dengan oven tangkringresep bolu gulung irit telurresep bolu gulung lembut irit telurresep bolu gulung panggang ekonomisbolu gulung panggang irit telurbolu gulung panggang ekonomisbolu gulung ekonomisBolu gulung irit telurresep bolu gulung ekonomisresep bolu gulung ekonomis untuk dijualcara membuat bolu gulung panggangresep roti gulung ovenresep bolu gulung panggang lembutresep bolu gulung 3 telurresep cake lembut irit telurbolu gulung ovenresep bolu gulung bakar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *