Resep Bolu Kojo

Untuk orang Palembang mungkin tak akan asing lagi dengan bolu berwarna hijau ini. Ya, ini adalah bolu kojo, salah satu bolu atau kue khas dari daerah Sumatera bagian selatan yaitu Palembang. Kenapa saya bilang salah satu, karena ada banyak jenis bolu dan kue dari Palembang, diantaranya adalah lapis ketan (engkak), bolu lapis legit (maksuba), bolu 8 jam ( dipanggangnya lebih kurang 8 jam) dan lain-lain. Makanan khas Palembang lumayan ada banyak, jadi gak bisa saya sebutkan satu persatu.

resep bolu kojo

resep bolu kojo

Saya suka sama bolu kojo ini, karena rasanya yang enak dan mengenyangkan. Agak mirip puding sih kalo menurutku karena bagian dalamnya yang lembut dan sedikit kenyal jika di banding bolu yang lainnya. Karena bolu ini termasuk salah satu jajanan pasar, jadi saya pun sering beli bolu ini di pasar. Tapi lama kelamaan saya penasaran juga sama cara pembuatan bolu ini dan kemudian jadilah postingan ini. Resep ini, saya dapat dari blog-nya mbak Hanny. Setelah saya mencobanya sendiri, saya putuskan untuk menulisnya di blog dan membagikannya pada teman-teman semuanya, sekaligus sebagai catatan resep yang saya sudah coba, sehingga sewaktu-waktu saya ingin mencobanya lagi, saya gak susah lagi.

Bolu ini membuatnya  tanpa menggunakan mixer, jadi bisa aman kalau sewaktu-waktu lampu mati, hehehhe…. kita tetap bisa melanjutkan pembuatan bolunya sampai selesai tanpa was-was. Untuk pembuatannya, bolu ini hampir mirip dengan pembuatan caramel atau bolu sarang semut, karena sama-sama hanya diaduk dengan menggunakan whisk atau spatula.

Bahan membuat bolu Kojo :

  • 4 butir telur
  • 300 gram gula pasir
  • 500 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin
  • 800 ml air santan
  • 20 daun pandan
  • 10 daun suji

Cara membuat Bolu Kojo :

  • Langkah pertama blender bersama-sama air santan, daun pandan, dan daun suji, kemudian saring dan sisihkan.
  • Langkah kedua, kocok telur dengan menggunakan tangan atau whisk, lalu tambahkan gula dan margarin, kocok hingga rata dan gula larut.
  • Tambahkan tepung terigu, aduk biar mudah gunakan spatula saja karena kalau menggunakan whisk akan berasa berat.
  • Terakhir tambahkan air santan pandan, aduk rata.
  • Lalu panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius hingga matang dan angkat.

Bolu kojo enak dan manis sudah jadi dan bisa dinikmati bersama keluarga. Inilah resep bolu kojo yang bisa saya bagikan pada teman-teman. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah, karena bolu ini enak koq buat cemilan di jam-jam kritis, seperti jam 10 pagi dan jam 4 sore. hehheh… kayak iklan yah jadinya. ^^


Kata kunci mesin pencari:

resep bolu kojo lapisresep bolu kojo panggangcara membuat bolu kojo lapisresep engkak Palembangbolu 8 jamresep bolu 8 jambolu kojo panggangresep bolu kojo kukusresep bolu kojobolu kojo kukuskumpulan resep bolu kojoResep kojo lapiscara membuat bolu kojo panggangbolu kojobolu kojo lapiscara membuat kue koJo panggangcara membuat bolu kojoresep kue kojowww aneka boluresep kue bolu kojo panggang

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *