Resep Brownies Kukus Mekar dan Lembut

Awal dapat resep ini karena saya lagi berselancar di dunia sosmed, eh gak sengaja dapat resep brownies kukus mekar dan mekarnya bagus banget. Berhubung kalau saya buat bolu kukus, kadang jadi kadang enggak, saya pun jadi penasaran untuk membuat resep ini, untuk tahu saya berhasil membuat si brownies mekar seperti bolu kukus atau tidak.

Gak usah membuang waktu lama, saya pun langsung menyiapkan barang-barangnya. Karena saya lagi males ke indo*****, jadi saya mengambil semua bahan-bahan seadannya saja di warung orang tua saya. Yang di resep memakai susu cair ( ultr*) saya ganti dengan Susu Kental Manis yang sachet-an dan saya beri air hangat sampai ukurannya 200 ml, sesuai resep. Untuk coklat bubuk-nya saya menggunakan coklat bubuk yang biasa, bukannya merk terkenal itu, hehhehe.

Setelah semua bahan lengkap, sayapun mulai mengeksekusinya. Di awal pembuatan saya sedikit ragu akan mengembang dengan baik  karena pengembang yang digunakan adalah soda kue dan baking powder, sedangkan kalau saya membuat bolu kukus biasa, saya menggunakan SP. Keraguan dan ketakutan semakin bertambah saat melihat kocokan telur, gula, soda dan baking powder gak bisa mengembang dan berwarna putih walaupun sudah di kocok dengan kecepatan tinggi selama 10 menit. Tapi karena rasa penasaran, saya pun tetap optimis dan meneruskan pembuatan kue ini. Dan alhamdulillah, ketika kue sudah di kukus dan tutup kukusan di buka, semua kue brownies-nya ngakak dengan bagusnya. Bukan hanya tampilannya yang bagus, rasa kue ini juga enak, manis coklatnya pas dan tekstur-nya lembut.

Okee, buat yang sudah penasaran dengan bahan apa saja yang diperlukan dan bagaimana proses pembuatannya, yuk kita bahas bersama-sama.

12508689_10205533451404358_1009808748196240423_n

Resep Brownies Kukus Mekar dan Lembut

Bahan:

  • 225 gram tepung terigu protein rendah ( saya menggunakan yang sedang)
  • 25 gram coklat bubuk ( 1 bungkus coklat bubuk dan pas ditimbang ternyata seberat 25 gram jadi pas banget )
  • 125 ml minyak goreng atau minyak sayur sama aja
  • 100 gram coklat blok ( kebetulan ada di rumah, karena ibu saya memang berencana membuat brownies )
  • 200 ml susu cair ( saya menggunakan susu kental manis 1 sachet kemudian diberi air hangat sehingga jadi 200 ml )
  • 1 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 1/4 sendok teh baking powder double akting ( saya menggunakan yang biasa )
  • 1/2 bungkus kecil vanili bubuk ( sebenarnya di resep tidak ada, tapi saya tambahkan akan bau telurnya tidak berasa )

Cara membuat:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, tim coklat blok bersama susu dan minyak goreng. Tidak perlu sampai mendidih, cukup sampai panas saja, karena coklat blok-nya akan meleleh sendiri.
  • Sebelum kita mengocok adonan kue-nya, kita harus memanaskan kukusannya terlebih dahulu, agar saat brownies akan di kukus, kondisi kukusannya benar-benar berada dalam kondisi panas.
  • Campur, gula, telur, soda kue, baking powder dan vanili. Kemudian kocok dengan kecepatan tinggi sampai 10 menit.
  • Setelah 10 menit, turunkan kecepatan sampai ke yang terendah. Lalu masukkan sedikit campuran tepung terigu dan coklat bubuk yang sudah di ayak bersama, kemudian masukkan juga sedikit campuran coklat blok, susu dan minyak goreng yang sudah di tim. Lakukan langkah tersebut sampai tepung dan campuran coklat habis. Saat proses pencampurannya, mikser tetap menyala namun pada kecepatan terendah agar adonan bisa tercampur rata.
  • Adonan kue sudah jadi, sekarang adalah saatnya pengukusan. Masukkan adonan kue kedalam papercup atau kertas bolu kukus seperti yang saya gunakan. Kalau menggunakan kertas bolu kukus jangan lupa pakai cetakannya ya. Kemudian kukus kue selama 15 sampai 20 menit.
  • Matang, angkat dan tiriskan. Kue ini bisa dua kali kukus ya, jadi jangan takut kue yang dikukus kedua hasilnya jadi jelek, sehingga kue-nya di kukus semua bersamaan. Kalau bersamaan malah mungkin hasilnya akan tidak bagus, karena saat kue di kukus, kita harus memberi jarak antara kue, jangan terlalu rapat agar kue bisa mendapatkan udara ketika mereka ingin merekah.
  • Setelah 15 menit, kue angkat dan tiriskan.

Saya mendapatkan kue brownies kukus mekar ini dari aku FB yang bernama Erna Lisma Firmansyah Bags dan postingan saya ini, asli cerita saya sendiri saat membuatnya, begitu juga fotonya.

Oke, semoga resep kali ini bermanfaat buat semuanya, selamat mencoba dan menikmati hasil buatan sendiri. happy cooking ^^


Kata kunci mesin pencari:

resep brownies kukus mekarbrownies kukus mekarresep brownies kukusresep kue brownies kukus mekarbrownis kukus mekarresep brownis kukus mekarresep browniesresep brownies mekarBronis kukus mekarcara membuat brownies kukus mekarresep brownies kukus merekahresep bronis kukus mekarresep bronis mekarresep brownis kukus merekahresep dan cara membuat brownies kukus mekarcara membuat brownies kukusresep brownies kukus aneka rasaresep bolu kukus brownies mekarbrownies menggunakan spritecara membuat brownis kukus mekar
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *