Resep Brownis Lembut dan Mengembang

Kemarin adikku punya tugas sekolah untuk membuat sesuatu dengan bahan dasar tepung terigu dan akhirnya diputuskan untuk membuat brownise. Kalau ada bikin-bikin sesuatu gitu yang sibuk tuh pasti ibuku, karena beliau lah yang di tanya resep brownisnya. Dulu ibu saya memang sering bikin brownise dengan resep sendiri, tapi setelah ketemu dengan yang namanya tepung po**an, si ibu jadi gak pernah lagi buat brownise sendiri. Karena dengan menggunakan tepung yang sudah jadi itu, kita tidak perlu ribet-ribet menakar tepung terigu dan lainya, yang harus dipersiapkan hanya telur, butter dan coklat.

Karena harus mengajari adik saya dan teman-temannya membuat brownis, jadi ibu pun buat brownis terlebih dahulu dan brownis yang di hasilkan terlihat bagus dan mengembang. Namun saat adik saya dan teman-temannya praktek, brownis mereka tidak mau mengembang dan keras (bantet). Karena gak mungkin kan bawa ke sekolah dengan hasil brownis bantat, jadinya adik saya dan teman-temannya membawa brownis buatan ibu saya yang hasilnya jauh lebih bagus dari buatan mereka.

Paginya, sebelum di bawa ke sekolah brownis di hias dengan meses dan parutan keju. Karena di rumah lagi gak punya coklat cair ataupun selai coklat, jadi saya gunakan susu coklat saja untuk pelapisnya. Sebenarnya sih, sebagai pasangan keju parut, coklat blok parutlah yang cocok, namun coklat blok-nya abis di pakai untuk adonan brownis-nya. Yang penasaran sama penampakan brownis-nya. Nih gambarnya…

12240148_10205266586932913_5604737456861887768_n

Oia, saya lupa ambil foto dari bagian bawahnya, untuk memperlihatkan tebalnya brownis ini. Buat perkiraan aja ya, tebel brownis ini kira-kira 6 cm-an. Oke, gak usah banyak cerita lagi, yuk kita bahas bersama bahan apa saja dan bagaimana cara pembuatan brownis di atas.

Resep Brownis Lembut dan Mengembang

Bahan:

  • 7 butir telur ayam ( pisahkan antara putih dan kuning telurbnya )
  • 1  1/2 gelas tepung terigu
  • 1 gelas gula pasir
  • 100 gram Dark Cooking Chocolate (DCC), di tim
  • 100 gram margarine, cairkan
  • 1 sendok teh ovalet
  • 2 sachet susu kental manis

Taburan:

  • susu coklat secukupnya untuk olesan
  • meses ceres coklat secukupnya
  • keju parut secukupnya

Cara membuat:

  • Kocok putih telur sampai mengembang, kemudian masukkan ovalet dan gula putih, kocok terus dengan kecepatan tinggi sampai mengental. Selanjutnya masukkan kuning telur, kocok lagi sampai kental.
  • Tambahkan susu, coklat dan margarin, kocok sampai menyatu dan kental kembali.
  • Langkah terakhir adalah memasukkan tepung terigu, kocok adonan bersama tepung terigu dengan speed yang paling rendah. Kocok sampai tercampur rata saja, setelah itu matikan mikser.
  • Panggang adonan brownis dengan mengunakan loyang yang sudah di lapisi margarin dan di taburi tepung terigu, tujuannya agar tidak lengket.
  • Panggang brownis sampai matang, angkat dan biarkan dingin. Jika brownis sudah dingin baru bisa di beri toppingnya. Topping yang saya berikan sangatlah sederhana, hanya di olesi susu coklat bagian atasnya lalu di taburi meses coklat dan parutan keju.

Brownis lembut dan lezat siap dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga. Hehehhe… tapi brownis yang di atas tadi bukan di nikmati oleh anggota keluarga di rumah, melainkan oleh teman-teman sekelas adik saya. Dan brownis itu diberi nilai 90 oleh guru adik saya.

Oke cukup sampai disini dulu yah, resep brownis dari saya, semoga bermanfaat buat semuanya. Selamat mencoba dan menikmati. happy cooking ^^


Kata kunci mesin pencari:

resep brownies kukus mengembangresep brownies panggang mengembangresep bolkus brownies coklat mengembangresep bolkus bronis coklat mengembangbrownies kukusresep brownies lembut dan basahcara membuat brownies lembut dan mengembangresep brownies kukus lembut irit telurbolu irit telur lembutresep brownis ngembangbrownis lembutresep brownies panggang ngembangcara bikin bronis supaya ngembangresep brownies panggang lembut dan mengembangresep brownies lembut dan mengembangresep brownies mengembangbrownis mengembangcara membuat bronis lembut dan mengembangresep bronis panggang lembut dan mengembangbrownies panggang mengembang

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *