Resep Donat Kentang Lembut

Bener-bener penasaran dah, gimana cara membuat kentang dengan bentuk yang baru. Jadi sayapun terus mencoba jika ada kesempatan. Kebetulan di dapur masih ada kentang, so sayapun kepikiran untuk membuat donat kentang, karena kalau kata orang-orang donat kentang tuh enak, lembut bahkan sampai kebesokan harinya.

Saking niatnya pingin buat donat yang bagus, saya pun beli cetakannya. Tapi tetep aja belum bisa buat yang bentuknya bagus. Hehhee masih gak karuan. Namun kalau untuk rasanya dan teksturnya donat dengan resep ini bisa di bilang enak, karena buatan saya siang tadi langsung lenyap seketika, hehhehe kedua adikku doyan semua. Ibu sama Bapak aja cuma kebagian masing-masing satu, sisanya adik-adikku yang ngabisin.

Karena tadi udah kesorean, jadi donatnya hanya aku kasih gula tepung/ halus. Gak sempet buat toping yang lain, kayak coklat cair dan sebagainya. Lagipula orang-orang di rumah juga doyannya kalau di kasih gula tepung, kalau di kasih meses atau coklat malah kurang suka.

Okelah, gak usah berlama-lama lagi, yuk kita bahas bahan dan cara membuatnya. Mudah dan simple koq. cekidooot:

11221283_10205218932221575_8857693454424790654_n

Resep Donat Kentang Lembut

Bahan:

  • 2 buah kentang ukuran sedang
  • 2  1/2 gelas tepung terigu
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok mkan ragi instan
  • 1/4 sendok garam halus
  • 1 sendok teh baking powder
  • 2 butir telur
  • 2 sendok makan margarine
  • 1/4 gelas air

Cara membuat:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kupas kentang, rebus dan haluskan. Tiriskan.
  • Masukkan tepung terigu, gula, ragi, garam dan baking powder dalam satu wadah dan aduk rata. Tambahkan kentang yang sudah di haluskan jika sudah dingin. Aduk rata
  • Kocok telur sampai kuning dan putihnya benar-benar menyatu, kemudian tambahkan air putih dan aduk rata. Lalu masukkan telur dan air tersebut dalam adonan. Uleni adonan sekitar 5 menitan.
  • Tambahkan margarine dan uleni sampai benar-benar rata. Tutup adonan selama 1 jam agar adonan menjadi 2 kali lipat banyaknya.
  • Setelah 1 jam, uleni lagi sebentar dan cetak. Pada saat mencetak saya memakai tepung terigu lagi sebagai pelapis agar tidak lengket.
  • Jika semua sudah di cetak, biasanya sih di diamkan 15 menit lagi, tapi karena sudah kesorean, jadi langsung saya goreng.
  • Saat menggorengnya, kita harus menggunakan api kecil saja. Hehhehe… hasil gorengan saya gak terlihat kuning dan mulus, abisnya kalau mau di goreng hanya sampai kuning, takut gak mateng. jadi saya menggorengnya sampai agak coklat.
  • Donat matang angkat dan saat akan disajikan, saya taburi dengan gula tepung/ halus terlebih dahulu.

Akhirnya jadi juga donat kentangnya dan alhamdulilah rasanya enak dan teksturnya lembut. Hanya saya bentunya masih belum cantik, tapi dari hasil belajar kemarin ada koq donat yang keliatannya cantik, so semoga aja pada pembuatan berikutnya hasilnya lebih bagus-bagus lagi. Pokoknya mah gak mau pantang menyerah dalam belajar. happy cooking


Kata kunci mesin pencari:

CARA BUAT ROTI GORENG ISI UNTIresep donat empuk takaran gelasresep donat kentang takaran sendokresep donat kentang takaran gelasresep donat kentang dengan takaran gelasdonat takaran gelasresep donat kentang 1 gelas tepung terigumembuat donat dengan takaran sendokdonat ukuran gelasDonat kentang 2gelasvideo donat kentang ukuran gelasresep donat kentang takaran sendok makandonat kentang ukuran sendok makanresep bikin donat kentang ukuran gelasdonat takaran sendokwww aneka resep cake basah ukuran gelasbuat donat takaran gelascara bikin donat dengan takaran gelascara membentuk donat pakai gelascara buat donat lembut takaran gelas

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *