Resep Engkak Ketan Asli Palembang

Engkak Ketan adalah salah satu makanan khas dari Palembang yang selalu ada di hampir setiap rumah-rumah orang Palembang saat idul Fitri. Rasanya yang kenyal dan enak sangat memanjakan penikmatnya. Awalnya saya tidak terlalu tahu dengan kue lapis yang satu ini, tapi saat ibu saya minta dibuatkan kue ini, saya pun mulai mencari tahu tentang kue ini.

Bingung mau minta resep dari siapa, saya pun memutuskan untuk mencari tahu dari internet. Dari internet, saya mendapatkan resep dengan 1kg tepung ketan di campur dengan 10 butir telur ayam, 1,5 kg gula pasir, 4 butir kelapa yang diambil santannya dan diblendo serta vanili secukupnya. Setelah mendapatkan resep itu, saya langsung mempraktekkannya. Euuum, rasanya enak tapi sedikit keras. Melihat hasil engkak ketanku, diriku mulai bertanya-tanya apa benar engkak yang selalu dibuat orang-orang juga seperti itu. Tapi saya tak punya jawabannya, karena saya sendiri belum pernah makan engkak ketan ini.

Cerita berlanjut saat ibuku menikmati kue lapis ini sambil jaga toko ( keluarga saya punya toko kelontong ), Yuk Yusi datang untuk membeli sesuatu ( Yuk atau Ayuk adalah panggilan kakak perempuan di Palembang ). Yuk Yusi pun mencoba engkak ketan buatanku, katanya rasanya enak tapi kurang tanek. Euuum… dari pernyataan itu, aku pun menyimpulkan kalau engkak ketanku bahan-bahannya sudah pas, hanya saja saat memanggangnya kurang lama. Yuk Yusi adalah tetangga jauhku yang dikenal sangat pintar membuat kue, dia sering mendapat orderan lapis engkak, maksuba dan 8 jam ketika lebaran tiba. Kenapa sebelumnya saya tidak bertanya resep padanya, karena rumah kita yang jauh dan setiap dia datang belanja ke toko saya selalu lupa untuk bertanya.

Hari berlanjut sampai hari mendekati idul Fitri. Karena keinginan ibuku yang pengen menyajikan engkak ketan, maksuba dan 8 jam di hari lebaran, saya pun mulai menyiapkan waktu untuk membuatnya. Kenapa harus menyiapkan waktu? karena membuat kue lapis engkak ketan ini membutuhkan waktu sekitar 5 jam-an. Hal itu disebabkan oleh proses pemanggangan kuenya yang selapis demi selapis.

Pengen mendapatkan hasil engkak yang sama persis dengan buatan orang Palembang asli ( saya orang jawa yang nyasar di Palembang ), saya pun meminta ibu saya untuk bertanya sama Yuk Yusi tentang resepnya kalau Yuk Yusi pas belanja di toko. Alhamdulillah, resep aslinya pun di dapat dan tak mau membuang waktu lama lagi, saya pun mempraktekkannya.

1513700_10204674275285492_7881508006242656477_n

Engkak ketan yang sudah di potong

 

Berikut resep Engkak Ketan dari Yuk Yusi :

Bahan Engkak Ketan :

  • 500 gram tepung ketan
  • 300 gram gula pasir ( sebenarnya 500 gram, tapi kata Yuk Yusi itu kemanisan, kalau gak suka manis bisa di kurangi, sesuai selera. Jadi saya memutuskan untuk menggunakan gula sebanyak 300 gram dan menurut saya tingkat kemanisannya pas )
  • 1 kaleng Susu Kental Manis
  • 10 butir telur ayam
  • 3,5 gelas belimbing santan blendo ( santan yang di masak sampai mengeluarkan minyak )
  • margarin secukupnya, hanya untuk polesan setiap lapisnya saat memanggang.
santan blendo

ini dia yang namanya santan blendo

 

Cara membuat Engkak Ketan :

  • Panaskan oven dan siapkan loyang berukuran 20×20, olesi bagian bawahnya dengan margarin lalu beri kertas roti, karena saya tidak punya, saya menggunakan kertas minyak. Olesi lagi bagian atas kertas minyak dengan margarin. Bagian dindingnya tidak diberi margarine.
  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah kocok gula dan telur menggunakan whisk sampai gula larut, lalu masukkan santan dan aduk rata. (pembuatan engkak ketan ini tidak menggunakan mixer, jadi kalau seumpamanya mati lampu, gak akan masalah masih tetap bisa buat. Tapi dengan catatan kita punya oven gas yang bisa api atas dan api bawah, kalau seperti saya ini yang hanya punya oven listrik yang mungil, gak akan bisa mempraktekkannya kalau sedang mati lampu).
  • Langkah kedua, masukkan tepung ketan sedikit demi sedikit sambil di aduk rata. Tujuan memasukkan tepung ketan sedikit demi sedikit adalah agar tepung ketan tidak menggerindil.
  • Kemudian masukkan susu kental manisnya dan aduk rata kembali. Adonan sudah siap untuk dipanggang.
  • Tuang adonan engkak sebanyak 2 sendok sayur yang besar kedalam loyang, ratakan. Panggang lapisan pertama ini sampai kecoklatan, saya lupa berapa lama proses pemanggangan untuk lapisan pertama ini, tapi jika adonan dirasa sudah keras tapi belum coklat, pindah apinya jadi api atas. Setelah permukaan kue berwarna coklat, tekan-tekan permukaannya dengan sendok atau apa saja yang berbentuk datar, tujuan penekanan ini agar kue engkak ketannya padat. Setelah di tekan-tekan, olesi kue dengan margarine kemudian tuang lagi adonan sebanyak 2 sendok sayur. Panggang sampai berwarna kecoklatan.
  • Lakukan tahap ini sampai adonan habis. Setelah adonan engkak ketannya habis, panggang kue dengan menggunakan api bawah sekitar 10 menit.
  • Engkak ketan matang dan angkat dari oven. Biarkan dingin terlebih dahulu sebelum di keluarkan dari oven yah, biar lapisannya tidak rusak.
11755190_10204674277605550_6690409873489286502_n

Engkak yang baru selesai di panggang

 

Engkak ketan buatan saya akhirnya jadi dan siap di hidangkan saat hari raya. Rasa manisnya pas dan juga lembut. Sangat jauh dengan engkak ketan pada percobaan pertama yang berpedoman pada resep di internet. Hehhehe… Oia, mau pesan aja nih, buat yang punya penyakit maag, jangan banyak-banyak makan kue ini, karena bisa mengakibatkan sakit perut, semua itu disebabkan karena ketan dan santannya.

Demikianlah resep engkak ketan asli Palembang yang bisa saya share pada postingan kali ini, untuk kesempatan berikutnya saya mau share juga resep maksuba dan 8 jam yang berhasil saya buat. happy cooking… ^^


Kata kunci mesin pencari:

resep engkak ketanresep kue engkak ketanengkak ketancara membuat engkak ketankue engkakresep engkakresep kue engkakkue engkak ketanengkakcara membuat engkakcara membuat kue engkakkumpulan resep engkak ketanresep engkak ketan spesialcara buat engkak ketanresep engkak ketan palembangresep lapis ketan panggangresep kue engkak ketan kukusengka ketancara membuat kue engkak ketanresep engkak ketan kukus
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *