Resep Kojo Lapis Irit Telur

Resep Kojo Lapis Irit Telur, awalnya saya tidak pernah tahu kalau kojo bisa juga di lapis. Karena sebelumnya saya hanya makan kojo yang di panggang sekaligus seperti hal-nya bolu karamel. Sayapun mulai browsing kesana kemari dan mendapat resep kojo lapis yang ternyata resepnya gak jauh beda dengan resep lapis maksuba, yang menggunakan banyak telur. Idul Adha tahun lalu, saya pernah mencoba resep yang sama persis dengan resep yang berseliweran di internet, tapi hasilnya tidak memusakan menurut saya. Ntah saya yang salah panggang atau bagaimana, bentuknya tak secantik saya buat engkak lapis dan rasanya hanya manis dan amis, karena banyak menggunakan telur, masih enakan kojo biasa-nya.

Atas ide my Mother yang menyarankan agar menggunakan resep bolu kojo yang biasa saja, saya pun langsung mempraktekkannya dan menurutku rasanya tetep kojo banget, gak amis dan gak terlalu manis. Hanya saja kojo lapis yang saya buat, lapisannya terlalu besar-besar jadi kurang cantik. Harap maklum, pengen cepet-cepet kelar. heheh

Kalau dari resep kojo lapis yang saya baca menggunakan 5 telur bebek utuh dan 5 telur ayam utuh plus 3 butir kuning telur ayam dan ketika di praktekkan, saya tidak terlalu menyukai rasanya, kali ini saya menggunakan resep kojo dari si Rina yang hanya menggunakan 7 butir telur ayam. Resepnya sudah pernah saya tulis di blog ini dengan judul Resep Kojo dari Rina.

13221764_10206463212967816_2028691845989386964_n

Bahan Kojo Lapis Irit Telur:

  • 4 gelas air santan
  • 2 gelas tepung terigu
  • 2 gelas gula pasir
  • 7 butir telur ayam
  • 2 sendok makan mentega, cairkan
  • vanili secukupnya
  • 1/2 gelas air pandan ( saya ganti dengan 1/2 gelas air dan di beri beberapa tetes pasta pandan, kebetulan lagi malas nyari daun pandan kemarin, heheh )

Cara membuat kojo lapis irit telur:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kocok gula dan telur dengan menggunakan whisk hanya sampai gula pasir larut saja.
  • Kemudian, masukkan mentega yang sudah dicairkan, aduk rata. Tambahkan vanili bubuk dan santan, aduk kembali sampai rata. Yang terakhir masukkan tepung terigu dan air pasta pandan, aduk cepat, usahakan jangan sampai ada yang menggerindil tepung terigunya, kalaupun ada adonannya saring saja.
  • Waktunya memanggang selapis demi selapis, sebelum di gunakan untuk memanggang adonan, loyangnya harus di lapisi minyak atau margarin ┬ádan ditaburi terigu, tujuannya agar kue tidak lengket pada loyang saat diangkat nanti.
  • Tuang adonan sebanyak 2 centong atau terserah selera, mau dibuat lapisan kecil atau besar. Kalau mau dibuat lapisan kecil, maka melapisnya sedikit demi sedikit, jika mau lapisan besar, memasukkan adonannya lumayan banyak.
  • Lapisan pertama panggang dengan api bawah, jika sudah sedikit kering ganti dengan api atas, tunggu sampai permukaan atas kue sedikit gosong.
  • Jika sudah terlihat sedikit gosong, masukkan kembali sedikit adonan dan panggang kembali dengan api atas. Lakukan langkah tersebut sampai adonan kue habis.
  • Ketika adonan kue sudah habis dan permukaan atasnya sudah sedikit coklat, pindahkan api menjadi api bawah, panggang kue sekitar 10 menit. Hal itu bertujuan untuk mematangkan kue-nya.

Oke kue lapis kojonya sudah jadi dan rasanya uwenaaak menurut saya, dari pada yang saya buat dengan banyak menggunakan telur. Semoga bermanfaat buat semuanya. Happy Cooking dan Happy Blogging ^^


Kata kunci mesin pencari:

resep bolu koja lapiscara membuat lapis kojoresep lapis kojolapis kojocara membuat kojo lapisresep bolu lapis kojoResep kue lapis kojoBahan dan cara membuat lapis kojoresep bolu kojo lapis kukuskue kojo lapiskue lapis kojokojo lapisbahan dan cara membuat koko lapiskojoresep kojo ekonomisresep bolu kojo lapis pangganglapis kojo kukuscara membuat kojoresep kue lapis irit telurresep bolukojo lapis

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *