Resep Kue Nagasari Isi Pisang Lembut

Setelah membahas resep malbi daging kambing khas Palembang, sekarang kita beralih ke makanan dari Jawa, yaitu nogosari atau nagasari. Resep nagasari ini saya dapat dari ibu saya, yang membedakan nagasari buatan ibu saya dengan nagasari buatan pada umumnya adalah ditambahkannya agar-agar. Dan jangan khawatir, rasanya enak dan lembut.

Buat teman-teman yang penasaran dengan resepnya, yuk langsung kita bahas bersama, gak usah buang-buang waktu lagi.

12289769_10205303880785236_805614563468412736_n

Resep Kue Nagasari Isi Pisang Lembut

Bahan:

  • 750 gram tepung beras
  • 250 gram tepung tapioka
  • 1 bungkus agar plan
  • 1 gelas gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • santan dari 1,5 kelapa
  • 1/2 sisir pisang ( iris jadi 4 bagian)
  • daun pisang secukupnya untuk pembungkus

Cara membuat:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah campur tepung beras, tepung tapioka, agar-agar, gula pasir, garam dan santan. Aduk rata dan usahakan jangan sampai ada yang bergerindil.
  • Setelah itu masak adonan diatas api kecil sambil terus diaduk agar tidak gosong, lakukan hal tersebut sampai adonan kental.
  • Jika adonan sudah masak, sekarang waktunya membungkus nagasarinya. Caranya ambil sedikit adonan kira-kira 2 sendok, letakkan diatas daun pisang lalu beri irisan pisang kemudian tutup dengan adonannya. Bungkus adonan dengan daun pisang. Lakukan langkah tersebut sampai adonan habis.
  • Kukus nagasari sampai matang kurang lebih 45 menit.
  • Nagasari matang dan siap untuk disajikan.

12289552_10205303880745235_8470979674522257329_n

 

Nagasari buatan saya sudah matang, tuh gambarnya diatas. Saya lumayan suka sama kue tradisional yang satu ini. Kenapa saya bilang lumayan suka? karena saya tidak suka sama makanan yang manis-manis. Hehhehe… ingat juga kalau lagi diet.

Setelah menulis resep ini, saya jadi penasaran kenapa kue yang satu ini diberi nama nagasari. Mana naga-nya ya? Dan ternyata yang disebut naganya adalah pisang yang ada di dalam balutan tepung beras tersebut. Kalau tak salah juga ada dongeng-nya nama kue ini, tapi saya lupa bagaimana ceritanya.

Waktu buat kue ini, aku jadi ingat ketika buat tteokbokki, karena bahan dasarnya hampir sama. Tepung beras dan tepung tapioka yang dibubur. Hehhe.. jadi pengen makan tteokbokki lagi. Yang membedakannya hanya, penggunaan santannya, kalau tteokbokki hanya menggunakan air biasa. Oia, bagi teman-teman yang mau resep tteokbokki silahkan klik postingan yang berjudul “Resep Tteokbokki (kue beras Korea)“.

Membahas makanan berbahan dasar tepung beras, makanan Palembang juga banyak sih, ada burgo, lakso dan gandus. Kalau resep burgo dan lakso sudah saya tulis resepnya diblog ini, namun kalau gandus belum. Hehhehe… nanti kalau ada waktu saya coba bikin terus di post di sini.

Mudah dan simple kan cara bikinnya. Nagasari ini juga bisa dijadikan snack untuk acara-acara. Namun kalau gak sempet buat sendiri, teman-teman bisa cari dipasar tradisional, karena biasanya jajanan ini di jual di pasaran.

Oke, sampai disini dulu resep nagasari dari saya. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa di jadikan inspirasi buat semuanya. Sampai jumpa pada resep berikutnya… happy cooking ^^


Kata kunci mesin pencari:

adonan kue nagasari gagal bisa untuk kue aparesep nagasari tepung beras 750 grresep nagasari tanpa dibuburtapioka tepung beras di campur bersama agar2resep naga sari di campur agar2nagasari agar agarkue nagasari dicampur agar agarkue nagasari agar agarKue nagasari pisang iris ikut adonangambar Nagasari lagi ada di baalveer Nagasari lagi ada digambar kue pais isi pisangGambar Kue Nagasari yang biasa dijual di kertekgagal kue nagasaricara membuat nogosari beras dibubur dulucara membuat nagasari langsung di campur sama pisangnyacara membuat nagasari khas palembangcara membuat naga sari palembangcara membuat kue nogosari yang enak dan lembutCara membuat adonan nagasari agar lembutcara bikin kue naga sari beras d campur agar2

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *