Resep Lapis Maksuba Asli Palembang

Kue lapis Palembang memang ada banyak dan salah satunya adalah Maksuba. Pada postingan sebelumnya saya memposting artikel tentang resep engkak ketan dan sekarang saya akan memposting resep Maksuba. Masih sama dengan resep engkak, resep Maksuba ini saya dapat dari Yuk Yusi juga.

Sebenarnya saya takut gagal membuat kue ini, karena kalau sampai gagal saya akan rugi besar sebab lapis maksuba ini menggunakan telur sebanyak 20 butir. Tapi alhamdullilah maksuba percobaan saya berhasil.

Saat lebaran saya berkunjung ke rumah tetangga yang juga menyediakan kue lapis maksuba dan kata si punya rumah dia beli bukan membuat sendiri. Hiks padahal saya pengen tahu resepnya, karena kalau dibandingkan maksuba bikinanku, maksuba punya dia lebih cantik dan tidak terlalu manis. Kalau menurutku sih, maksuba punya dia ini tidak terlalu menggunakan banyak gula putih, jadi kalau maksuba bikinanku ini menggunakan 500 gram gula putih, pada pembuatan berikutnya saya bisa menggunakan gula putih sebanyak 300 gram saja.

10592693_10204674275325493_7801306046170775718_n

Oke, karena gambar yang saya tampilkan diatas ini adalah gambar maksuba bikinanku dengan resep yang menggunakan 500 gram gula putih, jadi sayapun akan memposting resep maksuba yang sama persis dengan yang saya buat, tidak dikurang dan ditambah.

Bahan Maksuba :

  • 20 butir telur ayam
  • 500 gram gula pasir
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • margarine secukupnya untuk olesan

Cara membuat Maksuba asli Palembang :

  • panaskan oven dan siapkan loyang ukuran 20×20 olesi bagian bawahnya dengan margarine lalu lapisi dengan kertas minyak/roti kemudian olesi lagi dengan margarine. Sisihkan
  • whisk telur dan gula dalam wadah cukup sampai tercampur rata dan gula larut.
  • masukkan vanili dan susu kental manis, aduk sampai rata.
  • kemudian masukkan juga tepung terigu, aduk rata.
  • setelah semuanya tercampur rata, adonan siap di panggang selapis demi selapis.
  • pada lapisan pertama kita menggunakan api bawah dan api atas, sedangkan untuk lapisan kedua dan seterusnya menggunakan api atas.
  • setelah adonan habis, panggang kue dengan menggunakan api bawah sekitar 10 menit.
  • maksuba matang, keluarkan dari oven. jika mau mengeluarkan maksuba dari dalam loyang, tunggu sampai maksubanya dingin dulu yah. ^^

Itulah resep maksuba yang sudah saya praktekkan, hehheh… tapi jujur saya gak nyoba sedikitpun kue ini, karena gak tahan sama manisnya. Yang ngabisin kue ini di rumah cuma ibu, dia suka banget sama maksuba sama kue 8 jam. Tapi tentu saja gak dimakan sekaligus, sehari cuma seiris-seiris. Kue ini bisa awet jika disimpan di dalam lemari es, kata si ibu juga rasanya jadi enak kalau dimasukkan ke dalam lemari es. Buat yang suka kue manis-manis, bisa dah resep ini dicoba bikin sendiri di rumah. Oia, proses pemanggangan kue ini lebih cepat dibanding dengan engkak, cuma perlu waktu sekitar 3 jam-an. Waktu manggang kue ini, aku sedikit ragu, takut gagal karena ngeliat hasil panggangan setiap lapisnya cepet banget coklat dan coklatnya tidak merata. Selain itu, manggang kue ini mirip banget kayak dadar telor, hahahha…. tapi ternyata memang seperti itu kata ibu. At least maksuba pada percobaan pertama ini bisa dibilang berhasil. ^^ happy cooking semuanya.


Kata kunci mesin pencari:

Resep maksubaresep maksuba panggangresep maksuba irit telurresep maksuba telur ayamlapis maksubakue lapis maksubaresep maksuba palembangresep maksuba asli palembangresep maksuba nccmaksubaresep maksubah palembangresep masubaresep maksuba kukus irit telurresepmaksubaLapis susu maksubamasuba irit telurresep kue maksuba yg menggunakan gandumcara membuat lapis maksubaresep kue maksuba kukusresep kue maksuba

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *